Entri Populer

Thursday, July 19, 2012

Liputan HelloFest 8 : Anima Expo Jakarta

Jakarta-Kemarin, Sabtu 4 Februari 2012 di Balai Kartini Jakarta terlihat sangat meriah sekali. Dari pagi hingga malam, sekitar pk.09.00 WIB-pk. 22.00 WIB tengah diselenggarakan HelloFest 8 Anima Expo atau disingkat HF8. HelloFest adalah sebuah acara yang diselenggarakan sehari penuh dengan booth (stand) yang Japanese-ful, serta para pengunjungnya diajak berkostum yang “luar biasa”. Tapi, oleh sebagian besar cosplayer, HF ini lebih dicondongkan sebagai salah satu event cosplay terbesar di Indonesia setelah CLAS:H (Cosplay Live Action Show Hybrid).














Kostum, foto, panggung, film animasi pendek, action, kamera, dan panggung.

Jakarta-Kemarin, Sabtu 4 Februari 2012 di Balai Kartini Jakarta terlihat sangat meriah sekali. Dari pagi hingga malam, sekitar pk.09.00 WIB-pk. 22.00 WIB tengah diselenggarakan HelloFest 8 Anima Expo atau disingkat HF8. HelloFest adalah sebuah acara yang diselenggarakan sehari penuh dengan booth (stand) yang Japanese-ful, serta para pengunjungnya diajak berkostum yang “luar biasa”. Tapi, oleh sebagian besar cosplayer, HF ini lebih dicondongkan sebagai salah satu event cosplay terbesar di Indonesia setelah CLAS:H (Cosplay Live Action Show Hybrid).

Sedari pagi, begitu kalian turun dari kendaraan, kalian akan langsung disambut oleh spanduk-spanduk yang bertuliskan seperti gambar disebelah tittle di atas. Lalu, begitu sampai di lobby depannya, kalian akan disambut oleh para cosplayer yang berdandan seperti para tokoh anime dan manga serta ada pula yang Lolita. Begitu kalian masuk, ribuan cosplayer menanti untuk berfoto bersama kalian. Tetapi, bagi para cosplayer yang mengikuti lomba KostuMasa, mereka pasti akan langsung naik eskalator menuju lantai 1 untuk mendaftar ulang. Tapi, ups, kamu tidak bisa langsung mendaftar ulang, loh…… Karena, begitu sampai di lantai 1, kalian akan menemui deretan antrean para cosplayer yang mengikuti KostuMasa! Tapi, tidak akan lama kok…… Sekitar 5 menit saja, kalian akan berhadapan dengan panitia HF yang siap mencari nama kalian dan setelah menemukannya, kalian harus menandatanganinya kemudian kalian akan mendapatkan nomor urut kalian.

Gedung ini dibagi menjadi 2 gedung. Tempat daftar ulang ini berada di gedung Nusa Indah Theatre atau NIT. Di NIT, para KostuMasa Show Off yang team akan tampil di emporiumnya. Di lantai 3 NIT, kalian akan menemukan ruang ganti dan ruang penitipan barang bagi para cosplayers yang mengikuti lomba KostuMasa. Selain KMSO team, di emporium juga ditampilkan film animasi pendek. Kalau sudah di dalam, wah, seperti di dalam bioskop raksasa, loh…… Pokoknya keren dech…. ^-^
Nah, di lobby, kalian akan menemukan 3 wallphoto. Di sana, para cosplayers banyak berfoto-foto. Lalu, gedung yang satu lagi, namanya Kartika Expo atau KE. Dari NIT, nanti, kalian akan menemukan lorong yang cukup besar namun pendek. Ikutilah lorong itu, dan kalian akan sampai di salah satu pintu samping dari NIT. NIT dan KE dipisahkan oleh jalan yang kecil. NIT dan KE ini masih satu kompleks. Setelah berada di sana, kalian hanya tinggal menyeberang, lalu menaiki tangga, dan sampailah kalian di KE. Kalian tinggal masuk, dan……… PASAR HF8 TELAH MENUNGGU!!!!!!

KE ini tempatnya booths atau stand-stand berada, tempat performnya para cosplayers KMSO individu, sekaligus tempat pengunguman seluruh lomba. Stand-stand di sini antara lain ada mainan, ada tempat permainan, seperti karaoke singkat, permainan pukul guling, dan ada stand yang menjual baju, accessories atau goods anime-anime, manga, serta boyband-girlband artist mulai dari Korea hingga Idol dan Idol Team dari Jepang. Tetapi, kebanyakan Jepang sih…… Yang Korea sedikit…… karena, ini event khusus JAPANESE POP CULTURE. Banyak pula fotografer yang datang ke acara ini dan berburu foto para cosplayer, ada yang foto secara diam-diam, ada juga yang bilang, “Eh, minta fotonya donk……” atau ada yang bilang,”Eh, eh, Miku!” (Miku adalah salah satu character yang dicosplaykan kemarin).

Kemarin, ada 2 sessions lelang toys. Pada pk 14.30 WIB, JKT48 muncul dengan yel-yel khas mereka, “J……K……T……48!J……K……T……48!”. Kontan, para fans langsung berteriak histeris termasuk saya. Hehehehehe……Kemudian teriakan semakin keras setelah satu-per-satu JKT48 members mulai bermunculan. Para fans beryel-yel, “48!48!48!48!YEEEEEEEEEEE”. Kemudian mereka mulai ambil posisi masing-masing dengan Melody yang paling depan. “ONE, TWO, THREE, FOUR!”, seru Melody sebagai yel pembuka untuk lagu pertama mereka, Heavy Rotation. “I want you! I need you! I love you! Di dalam benakku, keras berbunyi irama M-U-S-I-K! Heavy rotation!……”, nyanyi mereka. JKT48 sebelumnya pernah bernyanyi untuk iklan minuman isotonik ringan “Pocari Sweat”. Ya, yang banyak cewek di pantai itu,lho…… Kan, ada lirik yang (mungkin sudah) familier di telinga kalian yaitu……”I want you…. I want you…… I need you….. I need you… I love you…. I love you…. Atama no naka….”, bukan?

Setelah JKT48 performance, tiba gilirannya para KMSO Individu tampil secara bergiliran tentunya hingga habis. BGM (BackGround Music) para KMSO Individu telah ditentukan oleh pihak panitia HF8. Mulai dari Monkey D. Luffy, Kakashi Hatake, Garudayana, para Kamen Riders, lalu ada para Gundams dari semua seri, para gerilyawan AS yang memakai kostum bak akan berperang hebat lengkap dengan tameng, bendera, dan pistolnya, lalu para Lolitas, Volcaloids, Inuyasha, bahkan original-pun ada di sana berkeliaran sebagai KostuMasars atau cosplayer. Setelah semua usai, ada break untuk para juri berunding untuk para pemenang. Lalu, sekitar pk.19.00 W.I.B, para juri-atau tepatnya keempat juri- maju ke panggung dan mulai mengumumkan para pemenang.

Tidak ada juara 1,2,3, tetapi yang ada hanya award. Untuk para KMSO Individu hadiahnya adalah piagam dan uang sebesar Rp.1.000.000,00. Sedangkan untuk para KMSO Team, hadiahnya adalah piagam dan uang sebesar Rp.2.000.000,00. Awards yang ada diantaranya adalah “Best Indonesian Costume Award” untuk kostum yang berelemen Indonesia banget, “Best Kid Costume” untuk kostum anak-anak kurang dari 12 th,

Kemudian, setelah semua pengumuman usai, berarti, sudah selesai pula acara HF8 Anima Expo ini. Secara berangsur-angsur, para cosplayer mulai menginggalkan KE menuju ke NIT. Para fotografer yang masih ada, tidak menyia-nyiakan kesempatan ini untuk memoto para cosplayers yang amazing yang bergerumel di NIT. Salah satu fotografer berkata,”Sungguh, HF8 ini memang surga para models! Para cosplayer yang amazing semua berkumpul di sini. Karena memang HF8 ini memang salah satu event cosplay terbesar seletah CLAS:H! HF8 ini juga tak kalah ramai dan amazing daripada CLAS:H!!!! Sungguh hebat! Saya berharap pada HF9 tahun depan, saya dapat datang ke HF lagi dan bisa bertemu kalian lagi serta dapat mendapatkan jepretan foto para cosplayer yang lebih keren, amazing, jelas, bagus, banyak, serta bervariasi lagi daripada hari ini!”

By Elvina

No comments:

Post a Comment