Entri Populer

Sunday, September 16, 2012

Tentang Daur Ulang


S
ebagian dari kalian pasti sudah tahu apa arti dari daur ulang, kan? Menurut kami, daur ulang itu adalah proses membuat sampah atau barang bekas menjadi barang baru yang berguna. Sampah itu sendiri berasal dari barang baru yang dipakai terus-menerus atau hanya sekali pakai oleh manusia. Seperti misalnya, sekotak teh kemasan.

Pada awalnya, air teh itu berasal dari daun-daun teh di perkebunan teh yang diperas sehingga menjadi air teh, dan kemasannya berasal dari bijih plastik serta kayu, yang diproses di pabrik sehingga menjadi sedotan dan karton pembungkus. Setelah dikonsumsi, karton kemasan tadi sudah kosong akan dibuang oleh manusia. Karton kemasan tadi sudah menjadi sebuah sampah.

Dewasa ini, sampah telah dikelompokkan menjadi dua kategori, yaitu sampah anorganik/non-organik/kering dan organik/basah. Sampah kering itu adalah sampah yang susah untuk diuraikan, biasanya terbuat dari plastik, dan kemasan-kemasan dengan senyawa kimia. Sedangkan sampah basah adalah sampah yang mudah diuraikan, seperti sisa maknan, yang asalnya dari alam. Contohnya, sisa kulit jeruk, kertas, dedaunan yang beguguran, lalu ampas-ampas kayu, sisa-sisa makanan, tissue bekas. 

Daur ulang untuk sampah organik dapat berupa membuat sampah-sampah tadi menjadi pupuk bagi tumbuhan serta humus bagi tanah. Mau tahu, bagaimana cara menyulap sampah organik tadi menjadi pupuk dan humus???? Gampang kok.... Di halaman rumahmu, galilah lubang yang menurutmu cukup untuk menampung sampah organik. Tidak perlu besar-besar dan tidak perlu terlalu dalam kok. Setelah itu, masukkan sampah-sampah organik, dan timbun kembali. Biarkan timbunan itu selama kurang-lebih sekitar dua sampai tiga bulan. Nantinya, selama jangka waktu itu, sampah-sampah tadi akan teruraikan dengan sendirinya. Dan jadilah humus bagi tanah dan pupuk bagi tanaman.

Sementara, daur ulang untuk sampah kering, dapat dipilah-pilah kembali. Misalnya untuk kertas-kertas buram. Kumpulkan terlebih dahulu. Setelah banyak, dapat dijual dan nantinya kalian akan dapat uang. Sementara, kertas-kertas bekas tadi akan dihancurkan dan diproses kembali menjadi kertas yang baru. Lalu untuk botol-botol minuman bekas, dapat kalian kumpulkan dan dirangkai menjadi barang-barang keterampilan buatan tangan kalian dan kemudian dijual, atau pilihan lain, dijual untuk diproses di pabrik.

Nah, dengan daur ulang, kalian bisa mendapatkan keuntungan ganda, bukan???? Apakah kalian tertarik untuk mendaur ulang-kan barang-barang bekas serta sampah-sampah yang ada di rumah, sekolah, serta lingkungan kalian???? 



Note:  Ini buatan sendiri, tidak mencontoh dari manapun.
 Sebenarnya, ini hasil ekstrakulikuler pilihan jurnalistik saat pertama kali masuk.
Tolong dihargai.

No comments:

Post a Comment