Entri Populer

Thursday, December 15, 2016

[Review] J-Movie : Kimi no Na Wa (2016)

OKeeey~
So, kali ini, Eru mau review tentang sebuah film yang lagi nge-hype banget hampir di seluruh dunia, terutama di Indonesia juga (karena baru tayang). Buatan Jepang, karya Makoto Shinkai dengan tema fantasi dan romance yang menceritakan soal dimensi dan waktu. Yap~!

君の名は。 (Your Name)

https://myanimelist.net/anime/32281/Kimi_no_Na_wa/pics

 

Rating : 10 / 10 ~~~~  PERFECTO~!

Aired: Aug 26, 2016
Studios: CoMix Wave Films
Source: Original
Duration: 1 hr. 46 min.
Rating: PG-13 - Teens 13 or older 

Characters & Voice Actors

Miyamizu, Mitsuha
Miyamizu, Mitsuha
Main
Kamishiraishi, Mone
Japanese
Kamishiraishi, Mone
Tachibana, Taki
Tachibana, Taki
Main
Kamiki, Ryunosuke
Japanese
Kamiki, Ryunosuke
Yukino, Yukari
Yukino, Yukari
Supporting
Hanazawa, Kana
Japanese
Hanazawa, Kana
Okudera, Miki
Okudera, Miki
Supporting
Nagasawa, Masami
Japanese
Nagasawa, Masami


Staff

Kawamura, Genki
Kawamura, Genki
Producer, Planning
Shinkai, Makoto
Shinkai, Makoto
Director, Script, Storyboard, Original Creator, Editing
Yamada, You
Yamada, You
Sound Director
Radwimps
Radwimps
Theme Song Performance, Music

Opening Theme
"Yume Tourou (夢灯籠)" by RADWIMPS
Ending Theme
"Nandemonaiya (なんでもないや)" by RADWIMPS
(cr :  https://myanimelist.net/anime/32281/Kimi_no_Na_wa )

!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!SPOILER ALERT!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
Anime dibuka dengan adegan narasi oleh Mitsuha dan Taki~ Dan potongan scene mereka saat dewasa. Lalu masuklah lagu pembuka. Grafiknya ini bagus banget sumpah.... Good job Makoto Shinkai~! Ada juga scene yang jadi 'objek' utama dari film anime ini : komet yang berjatuhan dengan ekor yang panjang dan sangat indah.

Kemudian cerita dimulai dari Mitsuha yang terbangun dan bingung. Kemudian ia menyadari bahwa dia memilikki oppai, kemudian memegangnya. Lalu kepergok oleh Yotsuha. Dilanjutkan dengan Mitsuha yang sarapan dan berangkat ke sekolah seperti biasa. Di sekolah ia diledek sudah tidak lupa nama dan lupa bangku seperti kemarin. Kemudian Mitsuha mengatakan bahwa dirinya bermimpi aneh sebelumnya, ia menjalani sebuah kehidupan milik orang lain, seorang pemuda yang tinggal di Tokyo.

Cerita bergulir dengan adegan Taki yang terbangun karena jatuh dari kasur. Lalu ia juga bingung, seperti Mitsuha. Bingung karena memiliki jakun dan 'sesuatu yang berbeda' di antara kakinya XD #IYKWIM. Kemudian berlanjut pada Saki yang harus ke sekolah (dan dia terlambat karena bingung sekolahnya di mana). Juga dia agak kikuk di kelas. Bahkan kedua sahabatnya bingung saat ia mengucapkan "watashi" (aku dalam bentuk formal dan biasanya feminim). Kemudian dia mencoba bilang "atashi" ; "boku" ; dan berakhir pada "ore" (fix ini ngakak banget). Kemudian masuklah notifikasi di HPnya bahwa sudah waktunya kerja paruh waktu. Tapi dia malah bingung, dan bertanya di manakah tempat kerjanya.

Adegan berganti dengan kondisi / situasi dapur yang sangat sibuk dan lalu-lalang. Kemudian Saki terlihat agak kewalahan melayani para pelanggan. Klimaksnya adalah saat ada seorang pelanggan lelaki yang komplain karena ada tusuk gigi dalam makanannya. Dan akhirnya dia dibantu oleh salah satu karyawan senior, Okudera-senpai. Tidak terima, pelanggan lelaki tersebut merobek rok Okudera-senpai. Taki yang mengetahuinya pun berinisiatif untuk menjahit sobekan itu lalu berakhir dengan pulang bersama dengan Okudera-senpai.

Adegan bergulir kembali ke Mitsuha yang terbangun, kembali ke keadaan semula. Hingga akhirnya lama-kelamaan keduanya sadar bahwa kehidupan 'satunya' yang mereka jalani bukanlah mimpi. Namun mereka memang bertukar dalam kehidupan nyata.

Melalui ponsel masing-masing, keduanya menulis apa yang terjadi saat tertukar dan menulis beberapa peraturan agar kehidupan masing-masing tidak kacau.

Namun siapa sangka? Ternyata Mitsuha yang 'sekarang' berasal dari tiga tahun yang lalu dari 'sekarang'nya Taki.

Well, Eru gamau spoiler lagi, udah cukup deh :v Sisanya silakan nonton sendiri. Intinya sisanya bagaimana Taki mencari tahu tentang Mitsuha dan berjuang gimana sampai mereka bisa ketemuan.


Review~

Di klimaks cerita, film ini SCI-FI BANGET. Tentang teori ruang dan waktu, lalu kebudayaan tradisionalnya mencuat banget. Ditambah lagi kualitas gambar yang mumpuni banget dannn.... gak ketinggalan, musik juga berandil besar. Dari Nandemonaiya, Zenzenzse, sampai Sparkling. Semua penempatannya sudah sesuai sama scene yang lagi main di layar.

P.S.: SIAPIN TISU YA GAESS!!

No comments:

Post a Comment