Entri Populer

Sunday, December 11, 2016

[DIY] Hanging Quotes from Old Mirror

Hello, guys! Welcome back to my blog~
Jadi di malam minggu kali ini, Eru mau bahas soal D-I-Y~ Do It by Yourself~ Dan ini pertama kalinya Eru bikin posting soal DIY lho~  >_< dan um... Ini ide Eru sendiri, jadi yah, moga berhasil buat kalian yang mencoba ya....

Eru beri judul DIY kali ini....

Hanging Quotes from Old Mirror.
Jadi... di sini secara mayoritas dan secara dasar, Eru menggunakan BARANG BEKAS~ Like always yea~ Ayolah guys, kita ngapain harus beli kalau bisa memakai barang bekas? Dan lagi ingat, Bumi kita sudah makin rusak loh... Come on, gunakan barang di sekitar kalian yang masih bisa digunakan lagi. Menghemat sekaligus menyelamatkan bumi kita tercintah~ *tebar daun yang berguguran* (?)

Oke, mari kita langsung mulai saja~ Le~t's go~! *sambil pose ala let's-go-nya Wengie (YouTuber)* *ditabok*



Bahan-bahan....
  1.  Cermin bekas. Kalau bisa yang portabel / bisa dibawa ke mana-mana. Usahakan yang bentuknya bisa dilipat / flip. ( Di sini, kaca Eru masih menempel sebagian besar walau sudah retak. Hal ini gak papa, kok. Soalnya memang gak bisa dilepas yang dua kaca besar itu.)
  2. Kertas bekas (kalau bisa), dipotong kecil-kecil seukuran kaca.
  3. Plastik bekas (Eru memakai bekasnya tempat hair curlier dari Daiso~) Bisa diganti dengan plastik mika lembaran yang ada di toko-toko, yang biasanya buat menjilid.
  4. Quotes.
  5. Spidol / drawing pen warna-warni. 
  6. Senar / benang nylon.
  7. Gunting / cutter
  8. Isolasi bening
  9. Hanger tempelan.

Cara membuat...

Jadi pertama, siapkan dulu cermin bekas dan plastik bekas. Potong plastik bekas yang polos sesuai ukuran cermin. Eru sih ngelepas ujungnya~
Setelah selesai, pake UHU (Eru sih pake yang Twist Glue biar enak buat ngelem yang lain juga).
Lem bagian kana-kiri-bawah. SISAKAN BAGIAN ATAS!! 
Kemudian, tinggal tempel deh, plastiknya. 
Tahap selanjutnya adalah ambili kertas bekas yang sudah digunting tadi, kemudian tulisi dengan quotes-quotes yang motivasional, membanngun, dan positif (Eru sih nulis yang positif. Ngambil dari https://www.facebook.com/powerofpositivity/?fref=ts ). Boleh kok, kombinasikan warna atau dihias-hias. Itu sesuai seleramu, sih~ :3 Setelah itu, masukkan salah satu kertas yang sudah ditulis tadi ke dalam cermin~ Bagaimana caranya? Lewat sela yang ada di atas~ ^_^ Itulah mengapa bagian atas sengaja dibiarkan tidak dilem~ :3

Kemudian, karena Eru memang dalam rangka mendesain kamar baru, dan lagi ingin mendekor meja rias Eru~ Ambil gantungan tempelan. Ini murah loh, Eru beli isi 15 cuma sekitar 20 ribu-an~ beli saja di toko-toko alat tulis (ATK), ada banyak pilihan, rasa, dan varian~ dan bentuk~ Lalu (kalau Eru lho ya) tentukan mau ditempel di mana. Kemudian, tempel gantungan ini. Biasanya gantungan tempelan ini ada semacam isolasi bolak-balik di bagian belakangnya dan kita hanya perlu mengelupas kertas yang menjadi 'segel'nya. 




Kemudian kita kembali ke cermin. Ambil benang nilon, kemudian selipkan di sela antara engsel cermin dan cermin itu sendiri. Tali mati satu sisi. Kemudian, setelah mengira-ngira mau berapa panjang senarnya (sesuai selera dan sikon juga sih), potong ujung satunya. Dan tali mati ujung satunya di antara engsel cermin dan cermin itu sendiri di sisi yang satu lagi. Untuk menjaga kerapian agar sisa tali yang ditali mati tidak terlihat acak-acakan, Eru menyelotip dengan isolasi bening ke bagian belakang cermin.


Dan... VOILA~! Jadilah Hanging Quotes from Old Mirror!! Cantolkan saja di cantolan tempelan~ Dan kamu bisa ganti quotes yang ada di dalam cermin itu tiap kali kamu ingin menggantinya sesuai mood ^_^
 

P.S. Bisa pakai media lain seperti bekas kotak yang ukuran kecil (gelang, kalung, dsb.) atau menggunakan bahan lain. 
Selain cermin bekas, barang apa lagi ya yang kira-kira bisa dipakai sebagai 'wadah'?
Kalau kalian mencoba membuatnya, foto dong~ Lalu tulis di komentar / mention twitterku ( @elvinakira ) atau upload di instagram dan tag / comment aku (@elvinakira) di foto kalian.
Bagaimana menurut kalian? Jangan lupa comment di bawah, ya~!


P.S. : Kalau punyaku sih, karena senarnya ada di sela engsel, hal ini membuat yang bisa dibuka-tutup ini agak susah. Jadi bisa sampai bertahan tetap membuka seperti di foto samping. Dan karena ada senar yang sudah ada simpulnya, pasti saat menutup, tidak bisa menutup sepenuhnya karena terganjal dengan senar.



No comments:

Post a Comment