Entri Populer

Sunday, December 23, 2012

VocaPost


VOCAPOST

Saat ini, siapa yang tak mengenal Vocaloid? Vocaloid seringkali dianggap sebagai karakter anime dari Jepang, namun sebenarnya Vocaloid  adalah software yang dikembangkan oleh Yamaha Corporation, yang bisa menghasilkan suara vokal dan menyanyikan seperti suara manusia. Nama Vocaloid sendiri pernah dibahas di majalah Animonster pada edisi 141. Seiring kepopuleran Vocaloid, muncul berbagai kelompok atau komunitas penggemarnya. Salah satunya adalah VOCAPOST.

Forum VOCAPOST [ www.vocapost.net ] didirikan pada masa-masa awal booming Vocaloid merambah luas di tanah air, tepatnya tanggal 19 Juni 2010 dengan beranggotakan hanya 3 orang penggemar yaitu Xx_myra_xX [Maria], -Lyka- [Lyka], dan mohax_2000 [Momo] yang waktu itu masih beralamat di http://voca-indo.to-relax.net/ . Pada mulanya, Maria memberikan nama forum ini dengan sebutan VocaPost disertai tagline “Indonesian VOCALOID Community” sebagai masukan dari salah satu seorang anggotanya.

Salah satu adminsitrator VOCAPOST yaitu mohax_2000, yang memiliki latar belakang seorang mahasiswa dan juga komposer lagu-lagu Vocaloid berbahasa Indonesia, kemudian berkeinginan untuk membawa forum ini ke arah yang berbeda daripada forum lainnya, dengan cara menghasilkan lebih banyak karya cipta dan mencari cara untuk terus-menerus menstimulasi kreativitas para anggotanya.




Bukan itu saja, tanggal 4 Mei yang lalu, sekumpulan fans Vocaloid di Institut Teknologi Bandung [ITB], yang tergabung dalam sebuah klub yang disebut Genshiken, mencoba mengadakan konser non-official Hatsune Miku di selasar Campus Center ITB dengan band Henohenomoheji sebagai band penggiringnya. Konser ini menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara di dunia yang mengadakan konser non-official Vocaloid pertama yang menggunakan live band sebagai pengiring Hatsune Miku, yaitu salah satu karakter Vocaloid yang paling populer.

Atas prestasi dan hasil jerih payah, forum VOCAPOST, dengan sekumpulan anggota yang terlibat dalam lingkarang proyek VOCALO.ID, kini telah resmi bergabung dengan label musik Vocaloid  terbesar di Jepang yaitu KarenT [badan usaha milik Crypton Future Media Inc. ] dan mendistribusikan hasil karyanya ke seluruh penjuru dunia melalui toko-toko musik online seperti iTunes, AmazonMP3, HearJapan, dan lain sebagainya.

Forum VOCPOST bersama anggotanya mewujudkan sebuah komunitas kreatif yang dinamis agar mencapai kualitas kehidupan yang lebih baik dalam kondisi kebersamaan yang solid, serta menjunjung tinggi nilai-nilai seni sebagai ekspresi dari semangat kreativitas, originalitas, nasionalisme, humanisme, dan internasionalisme, atas dasar persahabatan jiwa muda ceria, menuju masyarakat Indonesia yang sejahtera.


Sumber: Animonstar volume 160 Juli 2012-Eureka Seven AO
<<Halaman Community, halaman 104-105>>
<<text by Asun, thanks to celestialdreams31 dan mohax_2000>>






http://www.vocapost.net/

No comments:

Post a Comment